Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Keji Rusdianto, Pensiunan TNI AU yang Kepalanya Dipenggal Pakai Parang 

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Keji Rusdianto, Pensiunan TNI AU yang Kepalanya Dipenggal Pakai Parang 
Rusdianto pensiunan TNI AU yang dibunuh dengan keji kepala terpisah dari badannya - Istimewa

RIAUSKY.COM - Setelah melakukan penyelidikan intensif hampir sepekan, akhirnya tim gabungan Bunuh Culik (Buncil) dan Vice Control (VC) Polda Sumut berhasil meringkus pelaku pembunuhan terhadap pensiunan TNI AU bernama Rusdianto Barus.

Korban sendiri ditemukan meregang nyawa dengan kepala terpisah, di perkebunan Namorubejulu, Kecamatan, Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, pada Minggu (5/8/2018) sekitar pukul 18.00 WIB lalu.

Pelaku diketahui bernama Peri Ginting alias PG (31), warga Jalan Samanhudi, Lingkungan IV, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai.

Dirkrimum Polda Sumut, Kombes Andi Rian mengatakan pelaku pembunuhan terhadap Rusdianto diringkus dari kawasan Binjai Selatan.

"Setelah kita lakukan penyelidikan maka diketahuilah siapa pelaku pembunuhan terhadap korban dan akhirnya kita ringkus," kata Andi, Sabtu (11/8/2018).

Ia menambahkan, bahwa ntuk sementara motif pembunuhan terhadap korban adalah perampokan. Di mana sepeda motor serta beberapa harta benda korban raib dibawa oleh pelaku.

"Sejauh ini motifnya adalah perampokan, begitupun kita masih akan terus dalami lagi apa ada motif lain," katanya seperti dilansir Tribun Medan.

Andi menjelaskan bahwa penangkapan PG berawal dari diketahuinya pada, (22/7/2018) korban sempat berkomunikasi dengan pelaku.

Jadi setelah diselidiki diketahuilah kalau korban dan pelaku ini sempat berkomunikasi, dari situlah kita langsung mengejar jejak PG dan berhasil meringkusnya.

"Tersangka ditangkap tanpa perlawanan ditempat persembunyiannya tidak jauh dari kediamannya," ujar Andi

Senjata tajam yang digunakan tersangka menggorok leher korban berhasil disita petugas sebagai barang bukti.

"Ada kita sita parang yang digunakan tersangka menghabisi korban kita temukan," tambahnya.

Terkait bagaimana aksi keji itu dilakukan masih kita mintai keterang
Kepolisian masih memeriksa tersangka di Direktorat Krimum Poldasu di Jalan Sisingamangaraja Medan.

"Tersangka masih di periksa, sabar ya. Nanti kita kasi tahu motifnya apa. Memang sepeda motor korban hilang di bawa kabur tersangka. Tapi belum dapat dipastikan apakah kasus pembunuhan ini murni perampokan atau ada motif lain," terangnya.

"Pokoknya Senin (13/8/2018) kita paparkan di Polda Sumut," pungkas Andi.

Sebelumnya jasad Rusdianto ditemukan tanpa identitas di perkebunan sawit milik warga Dusun III Namorube Jahe, Desa Namorube Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

Pencarian identitas mayat Mr X yang ditemukan pada Minggu (5/8/2018) sekitar pukul 18.00 WIB lalu, 

Mayat Mr X bernama Pelda Purnawirawan Rusdianto B (55), merupakan bekerja di bagian Ruops Lanud Soewondo, pensiunan tahun 2016 silam. Korban beralamat di Komplek TNI AU di Jalan Karang Sari I No 16, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Medan.

Istri korban Rosalina Pitaloka Tambunan (53) mengatakan bahwa sejak (22/7/2018) suaminya sudah tidak pulang kerumah. Dimana pada (1/8/2018) sekitar pukul 18.00 WIB, ia telah membuat laporan informasi orang hilang di Polsek Medan Baru yant diterima oleh Ka SPKT 2 Aiptu Sulaiman Siregar.

Rosalina meyakini kalau mayat itu adalah suaminya. Karena terlihat dari celana dalam, celana yang dikenakan dan baju pada saat meninggalkan rumah dua minggu lalu sama dengan yang dikenakan korban.

Setelah polisi mencocokkan sidik jari korban dengan data di Dinas catatan sipil dan muncullah nama korban dan alamat sesuai atau identik.

Disana pihak kepolisian dari Polda Sumut memberitahukan pihak POM AU dan istri korban untuk bersama-sama melihat jenazah korban di RS Bhayangkara. (R04)

Listrik Indonesia

#Pembunuhan Sadis

Index

Berita Lainnya

Index